Assalamualaikum..
Selamat datang kembali sob diblog sederhana ZaTech yang masih dalam tahap belajar..
di Aspal manapun sobat berada semoga tetap Safety Ridding yapsss..
Akhir akhir ini Tidak dipungkiri bahwa Trend motor klasik khususnya diindonesia mendapatkan angin segar, Hal itu terbukti dari banyaknya motor motor custom keluaran terbaru tetapi dimodif supaya nampak klasik..
Dikesempatan kali ini ZaTech akan memberikan informasi mengenai jenis motor klasik sport yang berjaya dieranya mungkin menjadi barang langka pada saat ini..
Ada motor apa saja sob, mari kita simak lebih lanjut.
1.
Honda CB72 1963 250cc 2 cylinder
Diurutan pertama dari pabrikan asal negeri sakura yaitu
Honda CB72 1963 250cc 2 cylinder dengan spesifikasi sebagai berikut :
Manufacturer: Honda
Model: CB72 Supersport
Year: 1963
Displacement: 247.3ccEngine type: 4-stroke / ohc
Cylinders: 2
Power: 24hp@9000rpm
Weight: 153kg
Bore/stroke: 54x54mm
Topspeed: 135kmh
Frame number: CB72 312881
Engine number: CB72E 314012
Sama halnya dengan pendahulunya - C70 250cc pada tahun 1957 - C72 sampai tahun 1960. Bagian siklus penampil C72 tetap sama dengan tipe C70 sebelumnya, yang dilengkapi bingkai baja, garpu, lengan ayun dan tas belakang yang ditekan. Tata letak dasar mesin juga dipertahankan tapi pelumasan dirubah dan kopling dipindahkan dari poros engkol ke poros utama gearbox. Daya maksimum meningkat menjadi 20bhp pada 8.000 rpm. Serta perubahan ini, versi CB Sport berubah menjadi crankshaft 180 derajat dan dual-karburator , serta menggunakan rangka belakang berbentuk tabung. CB72 memiliki rasio power-to-weight yang luar biasa. Dengan mesin overhead-camshaft, starter elektrik, rev counter dan rem menggunakan sepatu, CB72 tidak ada bandingannya dengan saingannya. Memang, spesifikasi seperti itu (starter listrik terpisah) pasti merupakan pelestarian eksklusif mesin balap eksotis beberapa tahun sebelumnya. Dibuat khusus untuk balap, Honda CB72 adalah salah satu model Oriental pertama yang menjadi ciri khas cabang olahraga motor yang semakin populer dan penting ini. Hari ini CB72 adalah salah satu film klasik Jepang yang paling diminati.Saat ini CB72 merupakan motor yang menarik dengan banyak penggemar dan terus berkembang. Motor ini merupakan salah satu model pertama yang diproduksi oleh Honda dan menjadi bagian bagus dari sejarah Honda.
2.
Norton 16H 1938 500cc 1 cylinder
Manufacturer: Norton
Model: 16H
Year: 1938
Displacement: 490cc
Engine type: 4-stroke / sv
Cylinders: 1
Power: 14hp@4500rpm
Weight: 176kg
Bore/stroke: 79x100mm
Topspeed: 109kmh
Frame number: W5782B
Engine number: W5650
Norton berhasil memenangkan Isle of Man TT perdana dengan mesin bermesin Peugeot . Dirancang oleh pendiri perusahaan James Lansdowne Norton sendiri mengusung mesin dengan single sidevalve yang telah lama Mengusung 633cc, dan model baru yang bertenaga ini dikenal dengan nama 'Big 4'. Versi kapasitas yang lebih kecil diikuti, dan pada tahun 1911, diadopsi dimensi 79x100mm dan stroke klasik yang akan menjadi ciri Norton setengah liter (sebenarnya 490cc) untuk 50 tahun ke depan. Mesin 490cc direvisi untuk tahun 1914 dan pada tahun 1921 Model 16, seperti yang telah diketahui, menerima rangka baru yang lebih rendah, menjadi 16H. Sidevalve yang terpercaya dari Norton akan terus diperbarui selama 30 tahun ke depan.
3.
BMW R25 1955 250cc 1 cyliner
Manufacturer: BMW
Model: R25/3
Year: 1955
Capacity: 247cc
Engine type: 4-stroke / ohv
Cylinders: 1
Power: 13hp@5.800rpm
Bore/stroke: 68x68mm
Weight: 150kg
Frame number: 313793
Engine number: 313793
Model pascaperang BMW yang pertama adalah desain silinder tunggal - R24 250cc - yang tiba pada tahun 1948 terlihat cukup mirip dengan R23 perang sebelumnya namun menghasilkan 2bhp tambahan. Itu digantikan pada tahun 1950 oleh R25, yang menampilkan suspensi belakang plunger namun sebaliknya sangat mirip. Versi R25 / 2 yang ditingkatkan diperkenalkan pada tahun 1951 dengan menggabungkan poros engkol yang lebih kuat dan revisi kecil pada awalan mudunda depan dan tempat duduk . Dibangun antara tahun 1953 dan 1956, varian R25 akhir - R25 / 3 - menampilkan shock depan teleskopik baru, hub paduan lebar penuh dan pelek alloy wheel sebagai upgrade utama.
Sepeda motor tempur 13hp ini adalah pilihan ideal untuk berkeliling di bentang alam pada hari yang cerah.
4.
Triumph BDG 250 250cc 1951 1 cyilinder
Manufacturer: Triumph
Model: BDG 250
Year: 1951
Displacement: 248cc
Engine type: 2-stroke / ts
Cylinders: 1
Power: 12hp@3900rpm
Top speed: 110 km/h
Weight: 137kg
Frame number: 285288
Engine number: 285288
Orang menganggap Triumphs sebagai motor klasik Inggris, namun perusahaan tersebut sebenarnya didirikan oleh seorang Jerman. Seigfried Bettmann berimigrasi ke Coventry pada tahun 1884 dan mulai memproduksi sepeda di Inggris dan Jerman. Tak lama setelah pergantian abad, dia mengalihkan perhatiannya pada sepeda motor dan ini juga dibuat di kedua negara. Untuk menghindari kebingungan antara kedua perusahaan Triumph tersebut, sepeda Jerman akhirnya diberi nama TWN (Triumph Werkes Nurnberg). Dengan dimulainya Depresi Besar, Triumph, yang sekarang berada di bisnis sepeda motor dan mobil, berputar dari anak perusahaan Jerman. Ini menjadi bagian dari Adler-Triumph, pembuat mobil dan motor lainnya. Sepeda motor TWN bertahan hidup sampai tahun 1957.
Demikian tadi sob informasi mengenai motor motor klasik sport mewah, semoga bisa bermanfaat untuk sobat sekalian yang mungkin sedang mencari refrensi jenis jenis motor klasik sport yang pernah berjaya di eranya sampai sekarang.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Motor Klasik Sport Mewah yang Bersejarah"
Posting Komentar